Tak Lagi Disana…

Sebetulnya kurang asoy geboy ngeblog pake ipad, miss my old laptop.

Ok Lanjut…

Orang tuaku diungsikan kerumah kakakku di Cibubur, soon…Mereka Sudah Semakin Tua, kasian bila cuma tinggal berdua saja dirumah besar itu. Tier lebih lagi mama suka Merasa ga sanggup merawat papa sendirian. Plus Sekarang mama juga Ada diabetes. Update: Papa pernah stroke, dan Sekarang jatuh nya jadi ke parkinson selain Ada diabetes. Jadi untuk mobilisasi Sudah menggunakan Kursi roda, untuk Bangun Dari tempat tidur, kekamar mandi mama lah yang merawat papa. Dulu pernah kita tawar kan perawat untuk Membantu merawat papa, tapi mama menolak waktu itu karena mama ingin berbakti Sama papa. By taking care of him

Kami bertiga Sudah menikah dan keluar Dari rumah. Aku terkadang nginep disana minimal seminggu dalam tiap bulan. Terakhir Malah 2 bulan (hihi Ada kerja an sampingan juga sih didaerah galaxy)

Dulu sempet tidak mau untuk tinggal dirumah salah satu anaknya. Awalnya Maunya aku yang di minta tinggal disana untuk menemani. Tapi karena satu dan lainhal, banyak pertimbangan yang tidak memungkinkan untuk kami tinggal disana. Maaf ya Maa

Alhamdulillah Dikasih Kakak Ipar yang Baik, Mereka dibuat kan pavilion disampingnya rumah untuk mama-papa tinggali. Sekarang Sudah rapih, dan mulai Sabtu Kemarin mama papa “trial” tinggal menginap disana.

Deep down inside, sedih juga Klo rumah di Cikunir itu dikosongkan. Ga Bisa lagi deh nginep disana. Rumah tingkat 2 kavling, berganti dengan ruang an ukuran apartemen mungil kya apato Kalibata. Luasnya 35m kamar mandi dalam, mini kitchen selebihnya untuk kamar tidur n ruang tamu. Apa Perasaan Mereka ya? Dari yang rumah Luas berganti pavilion Kecil? Semoga mama papa betah disana…I really hope so. Dengan tinggal dirumah kakakku ini kami anaknya lebih tenang, Mereka ga tinggal hanya ber2, ngerti Klo Ada apa2. Sedang kan rumah kami berjauhan Dari rumah Cikunir…Kakak I di pamulang, Kakak ke-2 di cibubur dan kami di Jagakarsa

This whole thing makes me thinking, Rumah besar, rumah Kecil, toh in the end tempat abadi hanya berukuran 2 meteran saja. Harta ga Akan di bawa Mati, so gunakan buat “kendaraan” disana banyak2 in Amal ibadah, dan Didik anak dengan Baik supaya menjadi anak Sholeh/Sholeha…

Semoga Kalian selalu diberi kan kesehatan, Kekuatan, kesabaran dalam Ujian Allah ini, Semoga Allah memanjangkan usia Kalian, Melebihkan rejeki anak2 mu ini untuk lebih Bisa Membahagiakan kalian, Aamiin

love You Mom n pap

 

 

A Comeback After 3 Years

Hei loooo…

Udah lama banget ga update in blog Huff huff *tiup2 debu. 3 tahun coba bayangin aja.

Udah lama sih sebetulnya mau ngaktifin blog ini lagi. Kenapa ei kenapa? Sibuk *or so sibuk? Biar jadi Ibu rt, tapi kerja an juga ga Berenti. Trus juga saking banyaknya cerita jadi bingung mau yang di tulis apa aja

Ok recap Aja ya

Alana, udah 3 tahun…11 January kemarin. ga dirayakan seperti tahun2 sebelumnya. ulang tahun 1 nya kumpul makan bersama. Niatnya mau ngumpulnya 2 keluarga, sayangnya cuma keluarga ku yang Bisa hadir dan untuk keluarga suami diadakan lagi lain waktu *sok kayahhhhh…Kita waktu itu makan2 di eat&eat kokas. And aku beli cake di cheesecake factory.

Ulang tahunnya yang ke-2, aku bikin kan nasi kuning dibuat bento minion dan bagi2 ketetangga. Isinya nasi kuning, mie goreng, nuggets, sosis, and jelly…Yang lebih Sederhana ya ulang tahunnya yang ke-3 kemarin. Cuma aku bikinin rainbow cake (ini ibunya cheap banget yak) anaknya lagi suka banget sama rainbow cake yang ditontonin melulu via iphoneku. Pleuuusss…Alana itu lagi suka My Little Pony. jadi lah dihadiahi karakter my little pony Dari ayahnya, Dari tante dan bunda.

Sebetulnya deep down inside I wanna give her more than just cake…but then again perhaps nanti aja klo Alana sudah mulai mengerti (besides in Islam there’s no Birthday celebration, no blowing candles) so sempet mellow. Mungkin efek ga breast feeding Alana lagi kali ya

Jadi…cerita soal breast feeding ini, malam tanggal 10 January pas mau bobo malam, Alana “kupaksa” untuk ga menyusui lagi. Bulan2 sebelumnya udah aku sounding klo Alana usia 3 tahun ga nenen lagi, Sudah besar…dan di jawab ok sambil kasih jempolnya. Trus kenapa 3 tahun? Wajibnya kan 2 tahun…tapi aku mau ya sih dia Sendiri yang udahan. Plus mengingat dulu awal menyusui “drama” and akunya juga sih yang Belum tega lepas menyusui so 3 tahun ini deh diniatin. Hari ini dah lebih 2 minggu Alana ga menyusui..yippee…(hahaha sekarang aja nih bilang yippee…padahal sehari-dua hari aku  mewek blass. Mrebes mili…Merasa bakalan kehilangan moment bonding Ibu-anak, takut Alana ga “deket” lagi ke aku dll…)

Gimana Alana 3 tahun? Banyak episode yang ga diceritain disini, next deh diceritain satu2, but overall Alhamdulillah bersyukur banget apa pun kondisi Alana. Ngomong nya mulai lancar, Bisa di ajak komunikasi lah. Mama sempet compare Alana dan sepupu nya Khalisa dalam Hal komunikasi. mama bilang klo Alana lebih lancar n lebih Bisa di ajak komunikasi pada usia Alana sekarang dibanding Khalisa dulu. Trus lebih mandiri Klo aku tinggal2 Alana dengan mama. Alhamdulillah Sudah aku biasakan Klo aku mau Kemana aku pamitin anaknya biar ga nangis. Sangat suka kuda, my little pony

Pr Alana masih di seputaran makannya. Picky, Kadang makan banyak, Kadang ga mau makan, yang dulu ga suka nasi…iya nasi…Sekarang Alhamdulillah Sudah mulai mau makan nasi. Hobi banget makan mie (Mungkin teksturnya kali ya yang mudah ditelan) masih Belum Bisa makan bertekstur asli (kya ayam utuh, ikan,dll) bisanya processed food macam nugget, sosis…itu pun Kadang masih suka keselek dan dilepeh ma dia. (Entah mengunyahnya yang masih Belum halus, atau Bagian Dari laringgomalasia-nya)

Ya Allah, Semoga kedepannya mau makan segala rupa makanan bertekstur aslinya bukan proses-an lagi. ga picky lagi. Aamiiin

Kita masih tinggal di Rumah Manggala, hihi cat nya yang warna ungu sudah pudar, dan Perlu dicat ulang…Insya Allah dimudahkan rejekinya. Maunya Alana usia 3 tahun begini tidurnya sudah harus mandiri tidur di kamar sendiri. Tapiiii…kamar nya masih dijadikan”gudang”…. Kebanyakan barang….jual in Aja Apa yak?wkwkwk. Etapiiii kayaknya juga belum rela tidur ga pelukan sama anaknya

Ok Sekian dulu deh…ga fokus, ga bertema, asal ngetik (plus suka sebel ma auto text)

Next lebih dipikirin lagi deh mau nulis apa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tiap Tetes Begitu Berarti

Mari dengarkan cerita tantang asi…

Bagi aku, menyusui menjadi hal yang benar-benar “ga mudah”. Selama hamil kemarin, saya selalu beranggapan ah pasti Asiku bakalan banyak, melimpah ruah untuk anakku. But then deep down inside, menyusui-asi, menjadi salah satu hal yang bikin saya deg-degan. Bahkan sampe mimpi buruk. *better ga usah cerita lah ya mimpi buruknya apa…

Then, Cerita “ga mudah” ini dimulai…

Apa saya cukup tau seluk beluk asi-menyusui? ya lumayan tau *bahkan suka anggap remeh…saya tau bayi tahan 72 jam tidak menyusu setelah kelahiran, karena masih ada stok makanan lemak coklat bawaan dari semasa dalam kandungan *CMIW ya…

Drama pun dimulai…Saya melahirkan Alana Secara Caesar…di minggu 38-an. Asi saya ga langsung keluar. Imd pun bisa dibilang gagal. Karena bibir Alana hanya ditempelkan ke puting saya dalam waktu hanya 5 menit *hhhhh…salahkan rumah sakitnya kali ya…

After Caesar, saya tidak langsung ketemu bayi saya hingga besok paginya *saya Caesar jum’at 18.30…Alana dibawa kekamar saya Sabtunya, Jam 9 pagi. Asi saya tidak keluar…berasa payudara bengkak pun tidak *mungkin ada pengaruh kondisi psikis waktu itu…walau asi belum keluar, tetap saya coba untuk menyusui *konon hisapan mulut bayi merangsang produksi asi…Alana masih anteng walau asi ga keluar…*I feel safe too…

Alana rooming in dengan kami. So mulai pagi-malam Alana bersama kami *kecuali diambil saat mau mandi jam 5 pagi, dan diantarkan kembali ke kamar jam 9 pagi, dan diambil kembali jam 3 sore, diantarkan kembali ga lama setelah itu. Malam ke-2 mulai deg-degan panik…malam hari Alana mulai nangis “nagih” asi..yang belum kunjung dia teguk…Aku sampe menyerah,..Alana mulai menguning…makin panik lah. Aku bilang suamiku…ga apa deh dikasih susu formula asal anakku ga kehausan dan ga kuning. Dan ga tega rasanya dengar tangisnya tiap malam sampai suaranya serak…Tapi suamiku menyabarkanku dan tetap memberikan energi positifnya…

Masih ingat betapa tiap tetes itu sangat berharga, dikala malam ke-2, ada usaha keras yang kami ber3 lakukan. Dibantu seorang bidan/perawat yang baik hati, jam 1-2 pagi mau membantu memijat payudaraku demi keluarnya setetes Asi. Sakit dibagian payudara ga lagi terasa kala satu tetes itu akhirnya keluar, dan dengan sigap, suamiku menampungnya di sendok kecil dan menyuapkannya ke bibir Alana…Ya Allah…Tetes demi tetes terasa sangat mahal…semahal harga emas…*call it lebay…tapi itu yang aku rasakan.

Esok paginya, aku makin semangat untuk memeras asi dan menampungnya di cup feeder 5 mili terasa banyak sekali saat itu…Masya Allah…5 mili yang didapat selama perasan 30 menit…*mau nangis rasanya…rasa bercampur aduk, senang akhrnya ada asi yang bisa kuberikan pada Alana, sedih, karena hanya bisa memerah 5 mili *walau bayi 0-3 hari ukuran lambungnya hanya sebesar biji kelereng, so bayi kenyang hanya kurang lebih setetes asi

Aku belum bisa menyusui Alana langsung melalui payudaraku…I have an inverted nipple *at first…*setelah sering waktu sering di pompa keluar juga, then her mouth too little for my nipple, and what makes it worse…Alana ga sabaran…huhuuhu…saya dah minta tolong beberapa perawat untuk ngajarin how to latch on…how to breast feed yang baik dan benar…tetep aja hasilnya nihil…Yah Kuncinya sih mesti tetep nyoba dan sabar, cari trik nya pasti bisa Insya Allah…

Jum’at kemarin, Usia Alana 3 minggu. Gimana Perkembangannya?

Pulang dari rumah sakit nilai bilirubin Alana 12.3 dia dalam tahap hati2…*most of my friends questioned me “kok Alana diperbolehkan pulang sama dokternya?, dulu anakku bilirubinnya 10 aja disinar ga diperbolehkan pulang…” Wallahu A’lam…Tapi sampai dirumah ya aku selalu deg-degan, Kunci anak kuning itu obatnya cuma asi dan dijemur. Gimana ga deg-degan…cuaca akhir-akhir ini sedang ga bersahabat, sedang musim hujan. Gimana mau jemur Alana? Asi? masih ala kadarnya…walau Alhamdulillahnya cukup untuk Alana…Cuma ya itu Aku selalu deg-degan dengan stok asip nya setiap hari. Beberapa hari sebelum beli pompa electric, begadang untuk memerah yang dapetnya cuma 5 mili, kemudian ada peningkatan 10 mili…*both breast tiap kali merah…*lap keringet. Aku yang tiap hari dirumah liat Alana makin parno…”kyaknya makin kuning ya?” Mama yang dateng berkunjung nginep pun bilang Alana kuning…Makin tambah parno…Kontrol pertama seminggu setelah Alana lahir, cek bilirubin makin naik jadi 13.3 *tapi diterangkan sama dokternya, kuningnya Alana bukan karena kegagalan fungsi hati, so no need di sinar…kecuali bila bilirubinnya mencapai 16, mau ga mau Alana harus disinar…*fuihhhh legaaa…Imunisasi pertama Alana sungguh pintar, sewaktu di suntik dia ga nangis sama sekali, nangisnya pas udahan…*Kecup sayang…

Makin hari, minum asinya Alana makin meningkat jumlahnya, awal 5-7 mili dia sudah kenyang dan balik lagi tidur, meningkat menjadi 7-10 mili, 12-15 mili, sekarang tiap minum minumum 20 mili, kadang suka nambah…qiqiqi…Gimana hasil perasan/pompa? Alhamdulillah meski belum banjir kaya banjirnya jakarta kemarin, Pasokan Asip Alana cukup. Pokoknya segala usaha dilakukan, baik dari minum rebusan daun pepaya muda, makan beningan katuk+pepaya muda, minum asifit/moloco, banyak minum…semua demi Alana…

Proses menyusui lewat payudara kami berdua masih belajar…Alhamdulillah beberapa kali, Alana mau menyusu lewat payudara. Walau ga lama…*Bismillah Kedepannya Alana ga menggunakan Cup Feeder lagi bila menyusu. Langsung dari “Gentong”nya… Aamiiin…

Btw, aku merasa aku kena baby blues syndrome…kepikiran Alana, kepikiran Stok Asi, Kepikiran Macem-macem yang kadang suka bikin mewek out of no where…Semoga syndromenya hanya sementara…dan akan hilang soon…Satu-persatu benang yang kupikir kusut, bisa diuntai satu persatu…sedikit melegakan…Alhamdulillah…Allah Memberi Cobaan/Ujian…Juga memberikan Jalan Keluarnya…Kita Sebagai Manusia Selalu Terlambat Untuk Mengetahui Hikmah Di Setiap Ujiannya…

****Thank You Note****

Specially For My Husband,…Love You So Much Beib…Kamu Hebat…Kamu Ayah Siaga…Ga Segan-segan Turun Tangan Bantu Aku Taking Care Alana…Bantu Memerah Asi ^____^ bantu ganti diapernya, menimang Alana kala dia rewel malam hari belum bisa tidur…Watching You Holding Alana In Your Arms Is…Heaven…My Two Favorite Loved People In My Life

Alana Almahyra Maymarch Duemilanove

Assalamu’alaikum Semua…

Perkenalkan Namaku: Alana Almahyra Maymarch Duemilanove

Aku Lahir Jum’at 11 Januari 2013 Jam 18.30 Di Rs. Graha Permata Ibu Kukusan Beji Depok

Dari Ibu Bernama Triana Purbasari dan Ayah Hendy Agung Setiawan. Melalui Operasi Caesar…Karena Aku Betah Memposisikan Kepalaku Diatas Perut Ibu, Walau Akhirnya Pada Hari Kelahiranku Posisiku Melintang ^___^ . Beratku 2.670gr. Alhamdulillah Aku Sehat, Banyak Yang Bilang Aku Cantik, Rambutku Hitam dan Tebal Padahal Ibuku Hanya Sesekali Meminum Air Kacang Ijo.

Apa Arti Namaku? Hmmm Menurut Ayah dan Ibu, 4 Nama Itu Pilihan Ayah dan Ibu Loh…Ibu Memilihkan Nama Alana Yang Diambil Dari Bahasa Scotlandia Yang Berarti Adil, Dan Almahyra Yang Diambil Dari Arti Nama Islami Yang Artinya Berhasil Dengan Baik, Cerdas Dan Beruntung. Klo Dari Ayahku, Ayah Memilihkan Nama Maymarch Yang Gabungan Hari Lahir Ayah dan Ibu, May Bulan Lahir Ibu dan March, Bulan Lahir Ayah. Sedangkan Duemilanove Artinya 2009 Dalam Bahasa Rusia, Which Is Tahun Pernikahan Ayah Dan Ibu. Panggil Aku Dengan …ALANA…

Image

Doakan Aku Selalu Sehat Ya…Tumbuh Menjadi Anak Yang Cerdas, Sholehah, Mandiri, Percaya Diri Namun Tetap Rendah Hati, Beriman dan Beramal Sholeh, Berguna Bagi Semuanya, Beruntung, dan doa-doa terbaik lainnya…Aamiin…

In The Middle Of The Day, Out Of Nowhere He Says I Love You

Emang deh ya kata cinta dan pelukan can boost your day

I got this…

I Love You So Much, Bu *Tanda cinta 3x *Tanda kiss 1x. Big Hug

From My Husband

*Ih mau protes ma wordpress deh ga ada symbol2 gtu (eh apa ada ya tapi aku ga tau?) kan jadinya kurang dramatis qiqiqiqi

Beberapa saat sebelumnya aku lagi nangis…Ya cengeng disiang hari thinking lots of stuff. I guess feeling kami lagi nyambung ya siang ini. That text, can actually bring my day back.

Kenapa Nangis Sih? karena e karena berjudi itu haram…wkwk…karena aku masih takut menghadapi hari jum’at ini. That is the day I’m going to have a surgery. C-sect Surgery to be exact. Sabtu kemarin cek up lagi ke dokter kandungan untuk mengetahui posisi baby masih sungsang atau sudah muter. Ternyata masih sungsang.

Keluar dari ruang dokter masih bengong *eh ga bengong juga sih…berkelebatan macem-macem pikiran. Tahap indenial nih ceritanya…masih keukeuh yakin bisa muter lagi babynya. Masih kepikiran klo aku bisa lahiran secara normal. And masih compare satu kasus ibu yang melahirkan secara normal walau bayinya sungsang. Lahir di minggu 37, dan berat bayinya 2.7kilo….the other side of my head, pertentangan terjadi…semua fakta dikeluarin. Klo ibu itu kondisinya beda ma aku, she doesnt have DM/Diabetes, bayinya lahir diusia 37 minggu karena kontraksi awal, plus berat bayinya cuma 2.7kilo…lupa ini lahiran anak keberapa…klo kesekian ya mungkin dah ada pengalaman juga kan…Trus pengalaman mama melahirkan kakakku pertama juga sungsang, but then at that time, mama sehat dan usiannya masih 20 tahun-an. Selisih 14 tahun dari umurku sekarang.

Meski udah ditelaah pake logikaku part of me still ga rela klo mesti lahiran secara operasi. Iya aku takut dioperasi. Walau judulnya udah pernah ngalamin 2x operasi. 1x pas waktu umur 5-6 tahun, Operasi amandel. Jadi keinget something horrible inside the OR, Ada satu orang disana yang seingatku (waktu itu udah dibius tapi masih 1/2 sadar and I still remember) that she holds a big n long scissors and scared me with that if I cry. Sambil diacung-acungin ke udara itu gunting hitam dan panjangnya. Very Spooky for a 5-6 years old. Tapi other than that, I have fun memories after the surgery. I got to eat Ice Cream…Yeayyyyy…(Murah banget ya diiming2in ice cream abis operasi)

Operasi kedua pas aku kuliah, lagi tahap ngerjain TA, Abis pulang dari liburan panjang lebaran, abis dianterin ke bandung sama orang tua, malamnya aku panas tinggi. Untungnya kakakku yang ke-2 satu kampus and satu kos-kosan. She took care of me before my parents rush back again driving to Bandung and bring me back to Jakarta to have the surgery. I had an appendix surgery. In this surgery we found some oddness. biusku total, then after surgery, my parents ga diliatin hasil operasinya. Diagnosa awalnya cuma curiga di appendix. which means deep down inside we had a feeling klo berobat aja ga pake operasi I’ll be okey  ^____^

Ah suddenly I’m Blank Mau Ketik Apa…

Sampe Sini Dulu Aja Deh…*Siapin mental C-Sect Jum’at ini…Bismillah

Manusia Ngeyel

Nunjuk Pada Diri Sendiri…

Seperti manusia yang kurang bersyukur kamu ini.

Minta Hamil, Dah dipenuhi…

Minta diberi kelancaran selama kehamilan, Juga sudah dipenuhi, Ga begitu merepotkan hamilnya, nga pake muntah-muntah, eneg cuma ala kadarnya biar kamu sendiri ga curiga bahwa kamu beneran hamil/ga-nya…Selalu dikasih sehat, pusing-pusing dikit mah wajar kali ya itu pun juga kesalahan diri sendiri yang telad makan sampe masuk angin dan jadinya pusing.

Dikasih rejeki pula supaya bisa rutin tiap bulan cek up ke dokter kandungan, bisa cek gula darah dilaboratorium setiap bulan buat memantau kadar gula selalu dalam range normal. Dikasih rejeki buat beli insulin beserta jarum dan alkohol swabnya yang tiap bulan obat insulinnya aja bisa mencapai jutaan.

Masa Divonis untuk lahiran caesar aja jadi cemen? toh bukan maumu untuk melahirkan secara caesar. Toh ini untuk kebaikan bayi juga. Karena kalau dilahirkan secara spontan atau normal bisa beresiko untuk-mu dan bayimu. Terlebih lagi kamu ada diabetes. Walau kali ini berat bayi hanya naik 100 gram dalam 2 minggu jadi 2.650gr dan pernah kamu baca satu artikel gentle birth, ada ibu yang melahirkan secara spontan walau sungsang dengan berat bayi 2.7kilo Tapi kan situasinya beda. Kondisinya beda antara ibu itu dengan kamu. Ibu itu sehat-sehat saja, gak ada diabetes, dan Ibu itu kontraksi diusia kandungan 37 minggu. Masa mau disamakan dengan kondisimu?

Sudahlah jangan ngeyel…Hei, Ingat…Kamu tuh hanya bisa berencana dan berharap…Allah Yang Maha Mengetahui. Mungkin Kamu Belum Mengetahui Makna Dibalik Semua Ini Kan? But Someday…Insya Allah…Kamu Akan Menyadari Bahwa Rencana Allah Tentu Yang Paling Baik…Pasrah Saja…Seperti Kata Mama…

Now, Istighfar…Banyak Berdoa, Lebih Untuk Mempersiapkan Mental Kamu Menghadapi Operasi Jum’at 11 Januari 2013…Bayangkan Hal Indah…That You’re Gonna See You Baby Soon…

******Lagi Menasehati Diri Untuk Ikhlas, Pasrah Menerima Vonis Operasi Caesar Karena Posisi Bayi Masih Sungsang Dan Mengingatkan Diri Lagi Untuk Selalu Bersyukur******

Cinta Terbagi

Cinta Udah Terbagi Sepertinya…Nih Contohnya:

Aku Sms Suamiku Barusan…

“I Love You Beib *Tanda cinta 3x plus kissing

Dibalesnya…

“Loph Yuwh Bowdh…Mmmmuuuuuaaccchhhh *Tanda kissing

See???…Terbagi sudah cintanya…

Tapi Ga Apa…Aku Ga Jealous Ko…Wong Berbagi Cintanya Sama Baby Kecil Dalam Perutku Kok ^______^

………………………I Love You Both, Baby…And Hubby…………………….